Kamis, 01 November 2012

Part 4 :: Membuat Search Engine Menggunakan Sphinx dan PHP

Hufhh akhirnya sampai juga di bagian terakhir, menulis itu melelahkan tapi manfaatnya luar biasa hadeuuh. Oke pada bagian ini sebenarnya bersifat opsional juga dari rangkaian sebelumnya. Tujuannya hanya ingin menampilkan detail dari tanaman obat yang akan di-klik oleh pengguna.


Kita hanya membutuhkan sebuah file saja, saya beri nama detail_tanaman.php. Isinya kurang lebih mirip dengan hasil_pencarian.php, namun hanya diganti pada bagian tengah. Kalau hasil_pencarian.php menampilkan berupa list hasil pencarian, detail_tanaman.php hanya menampilkan detail satu tanaman saja. Nah loh gimana caranya? Agak sedikit diakal-akalin sebenernya haha.

Kalau menggunakan database, kita dengan mudahnya memanggil Syntax Query Language (SQL) : SELECT ... FROM ... WHERE ... daann beres. Tapi disini tanpa database, yang ada hanya file korpus.xml. Nah loh, apakah harus baca file xml-nya? Bisa juga sebenarnya namun ada cara yang lebih mudah. Nah, isi file detail_tanaman.php kurang lebih seperti ini :

Coba perhatikan kode pada baris ke-43, disitu ada sebuah kondisi untuk menampilkan detail tanaman yang diinginkan saja menggunakan document-id yang kita buat di file korpus.xml. Jadi penjelasannya, ketika user meng-klik link tanaman yang diinginkan pada hasil pencarian, web kita akan mengirimkan document-id dan kata kunci pencariannya menggunakan method GET pada form HTML (coba lihat lagi file hasil_pencarian.php).

Kemudian detail_tanaman.php, akan mengambil document-id  dan kata kunci tersebut menggunakan method GET pula pada kode PHP (lihat kode pada baris ke-16 dan 17). Kurang lebih logikanya seperti itu, kalau ada yang ditanyakan silakan berkomentar. Oh ya kalau sudah benar, kurang lebih tampilannya seperti ini :

Nah, gimana mudah bukan? Kalau mau dimodif sedikit lagi juga boleh. Kalau punya saya seperti ini :


Tadinya kotak putih kosong itu ingin ditampilkan gambar, tapi udah keburu males download gambarnya haha. Oke terima kasih sudah mau membaca sampai sejauh ini, ditunggu kritik-kritiknya. :)

Pusing?? download aja semuanya disini -> herbalsimple

3 komentar:

  1. wao bangat. Mksh ya gan sdh mau brbagi ilmunya.smoga mndpt blsn yang baik dari Yang Kuasa berupa kesukssn n kbhgiaan dunia akhrt.BTW, tolong d'respon komntrku di part 3 ya...,hehehe...
    thanks before.

    BalasHapus
  2. saya coba kok error ya?
    errornya muncul gini
    Kueri gagal : connection to localhost:9312 failed (errno=10061, msg=No connection could be made because the target machine actively refused it.).

    Yang salah dimana ?

    BalasHapus
  3. Kueri gagal : connection to localhost:9312 failed (errno=10061, msg=No connection could be made because the target machine actively refused it.).

    BalasHapus