Kamis, 01 November 2012

Part 2 :: Membuat Search Engine Menggunakan Sphinx dan PHP

Setelah membaca Part 1, sekarang waktunya membuat projek web search engine menggunakan PHP dengan XAMPP. Hal pertama yang dilakukan adalah menjalankan service Apache dari XAMPP Control Panel yang berguna untuk menjadi server PHP nantinya.


Selanjutnya siapkan folder baru untuk projek, saya beri nama folder-nya "herbalsimple". Folder ini akan kita simpan ke dalam C:/xampp/htdocs sehingga strukturnya menjadi C:/xampp/htdocs/herbalsimple. Selama pembuatan projek kita akan menyimpan seluruh file yang kita buat ke dalamnya.

Oke sekarang persiapan awal sudah oke. Antarmuka yang pertama kita buat adalah halaman awal untuk projek herbalsimple ini. Saya membuat file HTML sederhana yang diberi nama index.html, mengapa diberi nama index? Karena nantinya web akan secara otomatis mengeksekusi pertama kali file yang bernama index. Sehingga cocok untuk tampilan pertama web atau sering diistilahkan home page. Berikut isi dari file index.html : Jangan lupa disimpan dan ditaruh di dalam folder projek kita C:/xampp/htdocs/herbalsimple. Kode HTML dan CSS tersebut sangatlah minimalis, jika teman-teman ingin lebih kreatif silakan di-edit sendiri yaa HTML dan CSS nya. :)

Selanjutnya coba buka browser teman-teman dan coba kunjungi web lokal kita localhost/herbalsimple. Kalau tampilannya seperti ini, artinya sudah berhasil untuk halaman pertama :



Eiits, masih belum bisa kan fungsi Search-nya, ya iya kan emang belum dibuat -.-. Selanjutnya kita sambung di Part 3 untuk menampilkan halaman hasil pencariannya. O iya itu logonya juga buat sendiri, jadi kalau ga muncul coba ganti logo kamu sendiri yaa. :)
Nanti kalau sudah lebih kreatif utak atik CSS nya, tampilannya bisa sesuai kemauan. Contohnya seperti ini :


Oke Part 2 sampai disini, kita lanjut ke Part 3 untuk tampilan halaman hasil pencarian. Terima kasih, kalau ada yang bingung kasih komentar aja yaa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar