Jumat, 14 Oktober 2016

Fungsi C# untuk Active Directory


Sebelumnya gw mau bersyukur terlebih dahulu bisa nulis lagi setelah artikel yang terakhir tahun 2014 #wooo. Sebenernya gw coba re-design blog ini pake free template blogger gitu namun apa daya balik lagi ke template awal wkwk. Tetep tipenya susah move on #eh. Tapi ya ada perubahan, sidebar-nya jadi di kanan, font body-nya ganti sedikit, tagline blog-nya juga berubah gara-gara baca artikel ini:  The Purpose Of Life Is Not Happiness: It’s Usefulness

Kereeen, intinya kebahagiaan itu adalah produk dari kebermanfaatan, salam super. Karena itulah tiba-tiba semangat nulis blog muncul lagi (kemane aje vakum 2 tahun) hahah. Doakan supaya tetep istiqomah tetep semangat berbagi semoga menjadi manfaat buat gw khususnya dan buat pembaca pada umumnya.

Oke langsung aja, selama 2 tahun ini alhamdulillah gw kerja di bidang IT tepatnya programmer khususnya di environment .NET. Jadi, sudah pasti yg gw bahas sekarang ini ga jauh-jauh dari sistem operasi Windows. Active Directory (AD) ini merupakan Directory Service yang dibuat oleh Microsoft. Gw sebenarnya baru-baru sekarang ini kenal AD jadi kalau ada yang salah atau mau ditambahkan tolong kasih komentar ya. AD biasanya dimanfaatkan untuk skala perusahaan (enterprise), jadi PC/laptop di rumah kita sih ya jarang berhubungan dengan AD.

AD Users and Computer
Intinya, AD biasa digunakan untuk management user & group di dalam jaringan atau domain si AD itu sendiri. Management ini bentuknya macam-macam, satu contoh: manage akses user terhadap suatu folder/drive. Lewat AD ini, Si Administrator tanpa perlu repot-repot ke PC usernya, tinggal setting di AD sudah bisa melakukan hal tersebut. Semua itu bisa dilakukan dengan syarat PC/laptop antara satu dengan yang lainnya tergabung dalam sebuah domain (dari gambar di atas nama domainnya netoverme.local). Domain ini bisa kita ibaratkan struktur paling atas dalam sebuah hirarki.

Hampir semua fungsionalitas di Windows bisa diatur melalui AD. Bahkan meng-copy sebuah file dari flash drive ke PC saja bisa diatur boleh atau tidak. Memang hebat ya, AD memudahkan Administrator IT di sebuah perusahaan me-manage setiap PC & user yang terhubung.

Pekerjaan gw akhir-akhir ini berhubungan dengan AD. Jadi, gw bisa share sedikit code yang pernah gw buat mungkin bisa bermanfaat. Semoga ada master yang lihat dan kasih best practice buat kita semua. :D
Jadi gw membuat beberapa fungsi dalam C# yang berkaitan dengan AD ini:
Kalau ada yang membingungkan atau mau kasih saran, silakan komentar ya. :D
Regards

Tidak ada komentar:

Posting Komentar