Selasa, 04 Februari 2014

Apa Itu Temu Kembali Informasi


Temu Kembali Informasi atau bahasa kerennya Information Retrieval adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan di dunia IT. Gw ga akan jelasin dengan panjang lebar, teman-teman akan mengerti sendiri dengan melihat contoh aplikatif di dunia nyata yang mungkin sudah biasa kalian lakukan. Penjelasan secara ilmiah juga sudah banyak di wikipedia dan blog lainnya.

Sesuai namanya, Temu Kembali Informasi bertujuan untuk menemukembalikan/memperoleh informasi, contoh paling mudah adalah mencari informasi menggunakan mesin pencari (search engine) seperti Google, Yahoo, dan Bing (semuanya merupakan Sistem Temu Kembali Informasi). Siapa yang gak pernah pake? Gw yakin 99.99% yang menggunakan internet pernah melakukan hal ini, iya kan iya dong bener kan bener dong? :p

Sebenernya kegiatan teman-teman seperti mencari file dokumen atau musik di komputer/laptop juga bagian dari kegiatan mencari informasi, iya kan? Yang ingin gw tekankan adalah informasi itu ga selalu berbentuk teks tetapi bisa juga suara, gambar, ataupun video. Jadi penerapannya sangat luas, kalian pernah pakai aplikasi Shazam atau sejenisnya untuk mendeteksi lagu yang kalian denger itu lagu siapa atau fitur Siri pada iPhone yang mengenali perintah kalian? Kalian pernah pakai fitur Face Detection yang ada di Facebook untuk men-tagging wajah teman-teman kalian atau fitur sidik jari yang baru-baru ini dipakai iPhone 5S? Ya itu semua berasal dari makna menemukembalikan informasi, bagaimana suara/citra itu dipahami dan dikenali? pastilah ada informasi di dalamnya. Perkembangan ilmunya pun berjalan masing-masing dengan istilah berbeda tapi tetap satu tujuan yakni menemukan informasi dan memanfaatkannya.

Untuk itu, gw disini hanya ingin memfokuskan secara khusus dalam informasi berbentuk teks. Ya karena itu yang gw mengerti :p. Sekarang kalian harus berpikir bagaimana search engine misal Google dapat melakukan hal seperti itu. Nah, itulah yang sekarang menjadi tujuan gw dalam tulisan kali ini. Sebelum mulai, coba deh perhatikan gambar di bawah ini dari salah satu slide kuliah gw. Secara umum, inilah hal yang terjadi ketika kalian melakukan pencarian menggunakan search engine.


Nah, begitu kalian lihat gambar di atas, kalian langsung memposisikan diri pada kotak 1 (sebelah kiri) dan sistem temu kembali informasi (Google) berada pada kotak 2 dan proses Bandingkan di tengah. Bayangkan saja diagram Dokumen Teks pada kotak 2 adalah jutaan web yang tersebar di seluruh dunia, anggap saja web itu merupakan kumpulan dokumen berbentuk teks yang sangat buanyak. Sekarang kalian harus lihat pada gambar tersebut bahwa diagram yang berbentuk bulat adalah sebuah proses dan yang berbentuk kotak adalah sebuah objek misal teks. Dalam temu kembali informasi, kita akan mempelajari seluruh elemen dari gambar itu, mulai dari representasi, indeks, hingga evaluasi. Karena sangat luas, gw akan membaginya menjadi 3 bagian Processing (proses representasi di kedua kotak), Indexing (di kotak 2), dan Retrieving (proses bandingkan). Ketiganya akan gw tulis di dua post yang berbeda agar fokus dan ga kepanjangan, selain bikin males baca yang nulis juga pusing haha.

Mari :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar