Selasa, 08 Januari 2019

Apa itu Node JS?



Node JS atau node adalah semacam tools untuk menjalankan javascript diluar dari browser. Seperti yang kita tahu, ketika membuka sebuah browser dan mengakses suatu halaman website. Browser memproses berbagai macam bahasa seperti HTML, CSS, dan Javascript sehingga kita bisa gunakan.

Node sendiri sebenarnya memiliki cara kerja yang sama seperti browser namun khusus untuk pemrosesan Javascript-nya saja, sama konsepnya dengan JRE di Java. Node bisa dijalankan di berbagai platform (Windows/Linux). Biasanya node digunakan untuk membuat back-end service seperti API (Application Programming Interfaces). Kalau belum tahu apa yg namanya API sebaiknya cari tahu dulu ya :D.

Aplikasi yg kita gunakan sehari-hari di smartphone mungkin 80% memiliki API di belakangnya. Contoh, aplikasi sosial media seperti Facebook, Instagram atau layanan seperti Gojek, Grab. Semuanya bergantung pada API saat digunakan dan internet untuk komunikasinya. Selain node banyak juga tools yg digunakan untuk membuat API. Lalu apa kelebihan yg dimiliki oleh node? Di antaranya sebagai berikut:
  1. Bagus untuk konsep prototyping dan agile development
  2. Sangat cepat dan highly scalable (terbukti digunakan oleh Paypal, Uber, Netflix, Walmart)
  3. Semua dibuat dengan Javascript
  4. Kode yg dihasilkan lebih clean dan konsisten 
  5. Sudah memiliki ekosistem development yg besar dan library open source yg banyak
Yang menarik Paypal sendiri mencoba mengubah API mereka dari Java dan Spring based ke node, hasilnya cukup mengejutkan.
  • Pembuatannya 2x lebih cepat dengan orang yang lebih sedikit
  • Jumlah baris kode yg dihasilkan 33% lebih kecil
  • Jumlah file yg dihasilkan 40% lebih sedikit
  • Kecepatan API request meningkat 2x lipat per detik
  • Response time API yg dihasilkan 35% lebih cepat
Terbukti bahwa Node JS adalah salah satu tools yg populer beberapa tahun belakangan ini untuk pengembangan back-end. Selanjutnya saya akan membahas bagaimana arsitektur node dan bagaimana node bekerja. Jika ada yg ingin ditanyakan silakan sampaikan di kolom komentar ya!

Terima kasih sudah membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar