Kamis, 30 Januari 2014

Sistem Informasi Hasil Tanaman Pangan - PHP Project

Oke, pengen bagi-bagi project semasa kuliah lagi hehe. Tak apa lah, daripada disimpan aja jadi gak ada gunanya. Kalau dibagiin kan setidaknya para downloader jadi bisa belajar, itupun kalau dipelajari ahaha xD.

Beranda
Mohon perhatian, project web ini berbasis PHP dan menggunakan framework CodeIgniter 1.7.2 (kalau gak salah). Bagi yang belum tau CodeIgniter itu apa, googling gih hehe, kalau gak salah CodeIgniter ini udah gak dikembangin lagi (kalau gak salah lho ya hehe, soalnya kurang populer). Kalau salah ywd haha xD, lagian kalau belajar itu ga ada ruginya kecuali belajar nyolong atau apapun hal yang tidak baik itu hehe.

Jadi ceritanya, ini dibuat semasa kuliah dulu waktu semester 5, tugas mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Waktu itu tujuannya ingin buat sistem informasi tentang pertanian gitu temanya. Project-nya kami beri nama SIHTP (tuh liat SS diatas :D). Data hasil tanamannya asli loh dari website BPS, di-download dimasukkin satu-satu ke database, pegel banget tuh (curhat).

Data Tanaman
Grafik
Sebagai sistem informasi, SIHTP bertujuan untuk menampilkan informasi mengenai hasil tanaman (lupa tanaman apa aja) berupa data numerik dan grafik dan berita tentang tanaman. Oh iya, ada fitur admin nya juga loh jadi lengkap, kalau mau CRUD data hasil tanaman baru ataupun mau CRUD berita tentang tanamannya. Selain itu, ada fitur-fitur kecil lain seperti: Map Jawa Barat (online), Kontak, dan Search Berita.

Data numerik ini kita ambil dari website BPS dan kita menampilkannya dalam bentuk grafik menggunakan library FusionChart. FusionChart ini kalau gak salah ada yang versi gratis dan berbayarnya. Kita juga pakai library TinyMCE untuk bagian CRUD berita tentang tanaman, TinyMCE juga gratis kok.

Berita
Kontak
Admin - Berita
Admin - Edit Berita
Apalagi yak? Sekian deh tinggal download aja ntar juga pada ngerti disitu ada apaan :p. Oh iya mohon maap yak kalau tampilannya kurang menarik, masih newbie harap maklum :D.

Nih link download project-nya (database juga sudah ada di dalamnya): SIHTP
Sedikit ucapan terima kasih pada kolom komentar akan memberi semangat setiap blogger :D.

2 komentar:

  1. gan..mau tanyak kalo mau masuk ke menu admin gimana yak? mohon pencerahan nya trimss..

    BalasHapus
  2. kok gak sesuai dengan yang di posting gan

    BalasHapus